Daftar Komoditas Ekspor Indonesia

Negeri ini memang memiliki banyak sekai kekayaan dalam negeri sehingga tidak heran jika menerima permintaan dari negeri tetangga. Komoditas ekspor Indonesia pun beragam namun beberapa diantaranya pantas dicap dengan pesanan paling tinggi dalam setahun terakhir.

Beberapa Komoditas Ekspor Indonesia

 

Perkembangan perdagangan ekspor Indonesia nyatanya membuat banyak produsen terus berkembang dan berlomba-lomba meningkatkan usahanya. Beberapa diantaranya mampu mencapai permintaan tertinggi dari negara importir sehingga mampu menarik perhatian.

1. Karet

Indonesia memang dikenal menjadi produsen karet terbesar urutan kedua di seluruh dunia setelah Thailand. Hal ini membuat negara ini akan menerima permintaan cukup besar dari pihak importir lainnya sejak tahun 1980-an.

Industri karet Indonesia dikabarkan sudah mencapai perkembangan yang stabil. Kebanyakan hasil produksinya dihasilkan oleh petani kecil sebesar 80% dan 85% dari output-nya akan diekspor ke berbagai tujuan mulai dari Amerika Serikat, Republik Rakyat Tiongkok, Singapura dan juga Brazil. baik ekspor melalui jalan pemerintah atau menggunakan jasa ekspor secara pribadia asalkan sudah memenuhi berbagai macam syarat ekspor impor.

2. Kelapa Sawit dan turunannya

Indonesia juga menjadi penghasil kelapa sawit cukup banyak jika dibandingkan dengan negara tetangga. Produksi CPO di seluruh dunia nyatanya disumbang dalam jumlah besar oleh bangsa ini dan Malaysia sekitar 90%.

Indonesia merupakan produsen sekaligus eksportir kelapa sawit terbesar di seluruh dunia. Pencapaian ini akan terus sebanding dengan perkembangan penduduk sehingga permintaannya juga semakin bertambah. Nyatanya ekspor komoditas ini mampu menyumbang devisa cukup besar.

3. Hasil Hutan

Indonesia juga merupakan negara yang memiliki kawasan hutan cukup luas. Hal ini membuat pengusaha membuat komoditas ini banyak diminati di pasar ekspor seluruh dunia. Hasilnya ternyata tidak kalah dari kelapa sawit untuk menyumbang nilai devisa.

Hasil produk hutan di Indonesia nyatanya sudah memiliki sertifikasi sehingga memiliki legalitas akan perkayuan. Hal ini juga menjadi alasan bagi beberapa negara tujuan untuk memasok komoditas ini dari negara ini.

Komoditas ekspor Indonesia memang digadang-gadang mampu menyumbang nilai devisa negara seperti kelapa sawit dan produk hasil hutan. Keduanya membuat negara ini mampu menjadi produsen sekaligus eksportir terbesar di seluruh dunia.