Mengenal Shalat Istikarah Sesuai Ilmu Fiqih

Ketika seorang hamba bingung dalam menentukan pilihan, maka Islam mengajarkan untuk melakukan shalat yang bernama istikharah. Dalam praktiknya amalan ini memiliki tata cara yang bisa ditemukan dalam ilmu fiqih sehingga harus dipahami ketika hendak melakukannya.

Mengenal Shalat Istikarah Sesuai Ilmu Fiqih
Shalat Istikharah dalam Ilmu Fiqih

Shalat istikharah sering disangkutpautkan dengan perjodohan sebab untuk memudahkan dalam menentukan pilihan. Namun, sebenarnya penggunaannya lebih dari itu. Berikut ini terdapat penjelasan singkatnya dan untuk lebih lengkap bisa mengunjungi Media Pelajaran Fiqih Online:

1. Tujuan Pelaksanaan Shalat Istikharah
Tujuan melakukan shalat istikharah ialah untuk memohon petunjuk atas suatu pilihan atau kebingungan yang dihadapi oleh seorang hamba. Biasanya dialami oleh orang-orang yang hendak memiliki hajat besar seperti pernikahan, penentuan karir, dan lain sebagainya.
Namun, lebih dari itu, tujuan dari shalat istikharah ialah untuk memohon petunjuk agar tidak salah dalam menentukan pilihan. Oleh sebab itu, jika dikerjakan setiap hari akan sangat bagus agar tetap dalam tuntunan dan bimbingan Allah ketika memilih.

2. Cara Melakukan Shalat Istikharah
Menurut fiqih, cara melakukan shalat istikharah sama dengan ibadah sunnah lainnya. Hanya berbeda pada niatnya saja serta doa-doa yang dilantunkan. Selain itu, sampaikanlah pula kebingungan pada Allah serta memohon petunjuk dalam menentukan pilihan.
Sebenarnya tidak ada doa khusus dalam melakukan shalat istikharah namun beberapa artikel mencantumkannya pula. Namun, selama artinya tidak melenceng dan bagus maka bisa digunakan untuk melengkapi ibadah tersebut.

3. Keutamaan Shalat Istikharah
Keutamaan shalat istikharah ialah mendapatkan panduan, pedoman, bimbingan dari Allah atas kegundahan yang sedang dirasakan terutama ketika menjatuhkan pilihan. Barangsiapa meminta dengan tulus dan ikhlas pada Sang Pencipta pasti akan diberikan.
Hal ini menjadi alasan utama seseorang mengerjakan shalat istkharah sebagai salah satu ikhtiar dalam menentukan pilihan terbaik. Tak hanya itu, mengerjakan ibadah ini juga dapat membuat hati lebih tenang dan damai terutama jika hasilnya tidak sesuai dengan keinginan.
Shalat istikharah sendiri sering kali dikerjakan pada malam hari bersamaan dengan tahajud dan ibadah lainnya. Hal ini karena agar lebih khusyuk dan tenang dalam memanjatkan doa serta memohon petunjuk bagi kebingungannya.

Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam bisa membaca kitab atau tuntunan ibadah dan fiqih ini, maka bisa memperhatikan penulisnya dimana keilmuannya harus bisa dipertanggungjawabkan.