Tips Melancarkan Haid yang Wajib Anda Ketahui

melancarkan haid

Siklus haid yang teratur adalah dambaan semua wanita apalagi jika dikaitkan dengan penghitungan masa subur. Karena biasanya, pasangan yang ingin mendapatkan anak harus mengetahui masa subur dimana hal ini sangat berkaitan dengan siklus haid itu sendiri. Hanya saja, tidak semua kaum hawa memiliki siklus yang pas atau teratur untuk mendapatkan tamu istimewa ini dimana ada yang perhitungannya tidak sampai 28 hari atau malah ada yang lebih.

Lantas, adakah tips melancarkan haid yang aman dan tidak mengkonsumsi obat obatan?

Berita baiknya, sekarang ini cukup banyak sumber yang bisa dijadikan sebagai referensi mulai dari media cetak hingga media online. Beragam situs pun tak luput membahas seputar masalah yang umum terjadi pada wanita. Berikut ini cara sederhana yang bisa Anda lakukan seperti :

Makan makanan dengan gizi seimbang

Meskipun penawaran menarik ditawarkan oleh restoran favorit Anda, namun alangkah baiknya agar Anda tetap mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Buah buahan, sayur hingga daging merah adalah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi setiap hari. Tak perlu buah yang mahal untuk mendapatkan nutrisi yang diperlukan asalkan kondisinya masih segar dan tidak busuk.

Melakukan olahraga ringan

Terkadang, jenis olahraga yang cenderung berat bisa mengakibatkan haid tidak berjalan lancar. Sebaliknya, lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang maupun bersepeda agar tubuh menjadi lebih rileks dan santai.

Mengurangi stres

Yup, faktor ini juga sangat berpengaruh terhadap kelancaran haid sehingga sangat disarankan agar Anda tidak mengalami stres entah karena beban pekerjaan maupun hal lainnya. Anda bisa melakukan meditasi atau berdoa agar pikiran menjadi lebih tenang.

Menjaga berat badan ideal

Berat badan melebihi ambang batas yang ditetapkan juga beresiko pada sulitnya haid menjadi lancar. Untuk itu, jaga berat badan agar tetap dalam keadaan stabil.

Jika dirasa tips melancarkan haid yang telah dijelaskan diatas masih dirasa kurang mumpuni maka langkah selanjutnya adalah berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, Anda akan mendapatka penanganan yang tepat dan akurat.